Gambar

Selasa, 11 Februari 2014

Ilmu Sosial Dasar (BAB I)



A.    Pendahuluan
Perguruan Tinggi menghasilkan sarjan-sarjana yang berkemampuan atas:
1.      Kemampuan akademik
2.      Kemampuan profesi
3.      Kemampuan pribadi
Tujuan:    Menghasilkan sarjana yang cakap dan ahli di bidang yang ditekuni, serta mampu dan mau mengabdikan keahliannya untuk orang lain.
Kemampuan akademik dan profesi lewat Mata Kuliah Keahlian (MKK),.
Tujuan:    Memberi keahlian dan kempuan menerapkan keahlian.

Kemampuan pribadi, lewat Mata Kuliah Dasar Umum (MKUD), yaitu:
1.      Pancasila
2.      Agama
3.      Kewiraan
4.      Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa
5.      Ilmu Alamiah Dasar (IAD)
6.      Ilmu Sosial Dasar (ISD)
7.      Ilmu Budaya Dasar (IBD)

B.     Ilmu Sosial Dasar

1.      Pengertian
ISD dibagi menjadi 3, yaitu:
a.       Natural Science     :    fisika, kimia, biologi, astronomi,dll
b.      Social Science       :    sosiologi, geografi, ekonomi, politik antropologi, sejarah,dll.
c.       Humanities            :    agama, bahasa, kesusastraan, kesenian, dll.
ISD adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan pertain-pengertian (fakta, konsep, teori_ dari bidang pengetahuan sosial. ISD bukan gabungan dari ilmu-ilmu sosial karena tidak mungkin dipadukan. ISD juga tidak punya objek dan metode ilmiah tersendiri dan tidak mengembangkan penelitian.

2.      Tujuan
Tujuannya membina mahasiswa agar:
a.       Memahami dan menyadari kenyatan dan masalah sosial di dalam masyarakat.
b.      Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk memanggulanginya.
c.       Menyadari setiap masalah sosial yang timbul di dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekati mempelajarinya secara kritis – inter disciplin.
d.      Memahami jalan pikiran para ahli di bidang ilmu pengetahuan lain dan berkomunikasi untuk menanggulangi masalah sosial.

C.    ISD dan IPS

1.      Persamaan
a.       Bahan studi untuk kepentingan pendidikan / pengajaran.
b.      Bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
c.       Punya Materi dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

2.      Perbedaan
a.       ISD diberikan di perguruan tinggi, IPS di SD dan sekolah lanjutan.
b.      ISD mata kuliah tunggal, IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
c.       ISD diajarkan untuk pembentukan sifat dan kepribadian, IPS diarahkan untuk pembentukan dan keterampilah intelektual.

D.    Ruang Lingkup ISD

3 Golongan ISD, yaitu:
1.      Kenyatan-kenyataan sosial dalam masayrakat secara bersama merupakan masalah sosial teretentu. Kenyataan tersebut sering ditanggapi berbeda oleh para ahli ilmu sosial dasar, Maka dari itu, ISD butuh pendekatan interdisiplin / multidisiplin.

2.      Konsep-konsep sosial dan pengertian kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar / elementer saja yang perlu dipelajari masalah-masalah lalu dibatasi oleh IPS.
Contoh: Konsep keanekaragaman dan konsep kesatuan nasional.
a.       Persamaan dan perbedaan pikiran dan tingkah laku.
b.      Persamaan dan perbedaan kepentingan. Timbul konflik, kesetiakawanan, dan kerja sama.

3.      Masalah-masalah Sosial
a.       Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan. masyarakat dan kebudayaan.
b.      Masalah individu, keluarga, dan masyarakat.
c.       Masalah pemuda dan sosialisasi.
d.      Masalah hubungan antarwarga negara dan negara.
e.       Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
f.       Masalah masyarakat perkotaan dan pedesaan.
                  g.      Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integritas. 
                  h.      Pemanfaatan IPTEK bagi kemakmuran dan kesejahteraan rakyat.


 Soal Latihan

    1.      Perbedaan ISD dan IPS ialah, kecuali:
a.       ISD diberikan di PT
b.      Punya materi dari kenyataan sosial dan masalah sosial
c.       IPS merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran.
d.      IPS diberikan di SD dan sekolah lanjutan
e.       ISD diajarkan untuk pembentukan sifat dan kepribadian, IPS diarahkan untuk pembentukan dan keterampilah intelektual.
Jawaban   :  B

    2.      Salah satu tujuan dari ISD ialah
a.       Membuat mahasiwa tidak peduli dengan masalah-masalah sosial.
b.      Menjadi mahasiswa yang bersifat individualisme.
c.       Hanya mengetahui dan dikembalikan ke pemerintah.
d.      Menyadari setiap masalah sosial yang timbul di dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekati mempelajarinya secara kritis – inter disciplin.
e.       Tidak paham tentang kenyataan dan asalah sosial di dalam masyarakat.
Jawaban   :  D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar